clock

Press Play n Enjoy it...

Komponen dalam Sistem Informasi

Apa itu Sistem Informasi?
Sistem Informasi adalah suatu sistem yang merupakan kombinasi dari teknologi informasi dengan orang yang menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung operasi dan manajemen suatu hal tertentu seperti perusahaan, organisasi, dll. Sistem informasi biasanya menuju pada interaksi antara orang, proses algoritmik, data dan teknologi.

Sistem Informasi memiliki 5 komponen yang saling berhubungan.

1. Hardware (Perangkat Keras)
merupakan perangkat fisik, seperti komputer, printer, monitor, dll. Secara fisik, komputer memiliki beberapa komponen yang berupa sistem. Hardware berfungsi sebagai tempat penyimpanan sumber data dan informasi.

2. Software (Perangkat Lunak)
merupakan instruksi-instruksi yang ada untuk menjalankan hardware sesuai fungsinya. Jika tidak ada software, maka hardware tidak berguna, jika tidak ada hardware, software tidak bisa diproses.

3. Basis Data
merupakan kumpulan informasi yang tersimpan dalam hardware. Data ini dapat dibuka menggunakan program komputer. Membuka data ini bertujuan untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Data-data ini biasanya digunakan untuk keperluan penyediaan informasi. Hardware untuk menyimpan data ini dapat berupa disket, hard disk, flash disk, dl.

4.User
User adalah orang yang menggunakan sistem maupun membuat sistem. Orang yang merawat sistem juga dapat dikategorikan sebagai user.

5. Prosedur
prosedur adalah elemen fisik. Disebut elemen fisik karena prosedur berbentuk fisisk seperti buku panduan, buku manual, dan instruksi. Ada 3 jenis prosedur yang dibutuhkan, yaitu instruksi untuk pemakai, untuk penyiapan input,  dan instruksi pengoperasian untuk karyawan di pusat komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Leave Your Message Here

Blog Stats

Pages